Minggu, 03 November 2013

Honorifik dengan Huruf Kapital

Beberapa murid saya seringkali menyebut saya dengan "Sir", yang diawali oleh huruf kapital. Awalnya saya memaklumi, dengan asumsi bahwa honorifik (titel/gelar kehormatan) memang perlu diperlakukan demikian untuk menegaskan kesan kehormatan atau prestise tersebut. Saya juga berpikir saat itu bahwa hal itu sejalan dengan bahasa Indonesia yang juga mengakui kapitalisasi pada ejaan Bapak, Ibu dll.
Menulis honorifik "sir" atau "madam" dengan huruf kapital adalah salah satu kesalahan paling umum memberlakukan huruf kapital dalam bahasa Inggris. Kedua honorifik tersebut tidak diawali huruf kapital kecuali jika mereka mengawali surat atau e-mail - Dear Sir/Madam dan jika mereka muncul sebelum nama, misalnya Sir Elton John atau Sir Walter Leigh, yang merupakan gelar kehormatan dari kerajaan Inggris. Selain kedua situasi itu, kalian tidak perlu meng"kapital"kan kedua honorifik tersebut, layaknya kesalahan murid tersebut pada saat mengirim SMS - "Good morning, Sir."
Benar. Laki-laki paruh baya dengan pantat telanjang di atas bernama Sir Elton John.
Sementara itu, honorifik seperti Mr., Mrs., dan Ms. tetap mengalami kapitalisasi, mau itu mereka mengawali kalimat maupun tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.